UJI TARIK LAS KAMPUH PIPA UNTUK KUALIFIKASI PROSEDUR LAS ( API 1104 )

 UJI TARIK LAS PIPA ( API 1104 )

PERSIAPAN

Keping uji tarik  harus dipotong sepanjang lebih kurang   9 “  dan selebar 1” . Keping dapat dipotong dengan mesin atau dengan oxygen cut . Sebaiknya kedua sisi samping dalam kondisi halus dan sejajar.

 

METODA

Batang uji tarik  harus putus dengan bantuan mesin tensile yang mampu mengukur besarnya beban ketika batang tersebut putus. Kuat tarik dihitung dengan membagi beban maksimum  pada saat kegagalan dengan luas penampang terkecil  dari batang uji ( yang diukur sebelum beban tarik dikenakan ) .

 

PERSYARATAN

Kuat tarik satu sambungan las termasuk sona fusi dari setiap las harus  ³ kuat tarik minimum yang ditentukan dari material pipa tetapi tidak boleh  ³ dengan kuat tarik sebenarnya  dari material. Apabila batang uji tarik las putus diluar jalur las dan sona fusi dan memenuhi syarat kuat tarik minimum didalam spesifikasi  , sambungan las dapat diterima sebagai telah memenuhi syarat.

Apabila batang uji pas putus dibawah kuat tarik minimum yang ditentukan dari material pipa  , batang uji dibuang dan diganti dengan batang yang baru.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

STOP START - CACAT LAS PERMUKAAN

CACAT LAS EXCESSIVE REINFORCEMENT(JALUR LAS TERLALU MENONJOL) (CACAT LAS VISUAL)

SURFACE UNDERCUT - CACAT LAS PERMUKAAN