RETAK DALAM PENGELASAN

 RETAK

TERDAPAT BANYAK SEKALI JENIS RETAK DAN PENYEBABNYA SEHINGGA UNTUK JELASNYA PERLU DIPAPARKAN SECARA UMUM DISINI.

 

RETAK DAPAT DIBAGI MENJADI :

 

1. RETAK DINGIN

YAKNI RETAK YANG TERJADI PADA SUHU SEKITAR  300º C  ( DIBAWAH TRANSFORMASI ) , YANG TERJADINYA PADA  O HINGGA KURANG LEBIH 48 JAM SETELAH PENGELASAN SELESAI , SEHINGGA LAZIM DISEBUT RETAK LAMBAT .

JENIS RETAK DINGIN ADALAH RETAK MEMANJANG PADA BAHAN LAS , RETAK MELINTANG PADA BAHAN LAS , RETAK BAWAH KAMPUH ,  RETAK TAKIK ( NOTCH ) , DAN RETAK MIKRO.

SEBABNYA ADALAH : (1) KANDUNGAN CARBON YANG CUKUP TINGGI ( CARBON EKUIVALENSI > 0.41% ) , (2) DIFUSI  HIDROGEN KEDAERAH LAS ,  (3) TEGANGAN SISA , DAN MATERIAL YANG TIDAK COCOK UNTUK DILASKAN SATU DENGAN LAINNYA ( INCOMPATIBLE DISSIMILAR METAL ).

DARI ASPEK PELAKSANAAN PENGELASAN , RETAK DINGIN JUGA DAPAT DISEBABKAN OLEH : AMPER RENDAH , KECEPATAN LAS TERLALU TINGGI , KAMPUH TERCEMAR , ELEKTRODA LEMBAB , BAHAN DALAM KONDISI DINGIN             ( TANPA PEMANASAN AWAL ) , MASUKAN PANAS RENDAH , PENDINGINAN TERLALU CEPAT , KAWAH PENGELASAN            ( BIASANYA TERDAPAT DIUJUNG JALUR ) YANG LAZIM DISEBUT RETAK BINTANG ( STAR CRACK ) ATAU RETAK KAWAH ( CRATER CRACK  , DAN DESAIN / KONFIGURASI SAMBUNGAN BURUK . SEBAGAI CONTOH DAPAT DILIHAT PADA FOTOGRAF DIBAWAH INI.

2. RETAK PANAS

YAKNI RETAK YANG TERJADI PADA SUHU  900º C , SUHU  PEMBEKUAN METAL DARI KONDISI CAIR , DIMANA KANDUNGAN FeS DAN FOSFOR PADA BATAS BUTIR MASIH DALAM KONDISI CAIR SEHINGGA TERJADI CELAH PADA BATAS BUTIR DAN MEMBENTUK RETAK .RETAK JUGA TERJADI PADA SUHU ANTARA 500 º C  HINGGA  700º C , DIMANA TERJADI PEMBEBASAN TEGANGAN DIDAERAH TERIMBAS PANAS.

DARI ASPEK PENGELASAN RETAK PANAS DISEBABKAN OLEH : ARUS RENDAH , JUMLAH PENGELASAN SEDIKIT , TEGANGAN THERMAL TINGGI , KECEPATAN PENGELASAN TERLALU TINGGI , ELEKTRODA TERLALU KECIL , TIDAK ADA PEMANASAN AWAL ATAU PEMANASAN AWAL KURANG MEMADAI , PELAKSANAAN PENYETELAN BURUK , MASUKAN PANAS TIDAK SEIMBANG ,  PENGATURAN ELEKTRODA KURANG BAIK , DAN KHUSUSNYA UNTUK PENGELASAN STAINLESS STEEL KANDUNGAN FERRITE PADA SAMBUNGAN LAS KURANG DARI 5% ATAU LEBIH DARI 12 % .JENIS JENIS RETAK ADALAH : RETAK SOLIDIFIKASI                    ( PEMBEKUAN ) , RETAK PANAS ULANG , RETAK LIQUATION DAN RETAK LAMELAR .

RETAK SOLIDIFIKASI DAPAT BERUPA RETAK MEMANJANG ATAU MELINTANG JALUR LAS , ATAU BERUPA RETAK BINTANG ATAU RETAK KAWAH PADA UJUNG PENGELASAN YANG KURANG SEMPURNA ,  RETAK PANAS ULANG / RETAK PEMBEBASAN TEGANGAN YANG TERJADI PADA DAERAH FUSI , DAN RETAK LIQUATION YANG TERJADI DIDEKAT DAERAH FUSI DISEBELAH  SUMBU JALUR LAS.

              RETAK KAWAH ATAU RETAK BINTANG


ADAPUN CARA PENANGGULANGANNYA ADALAH ANTARA LAIN : (1)  BAHAN LAS YANG MEMILIKI SIFAT SOLIDIFIKASI AUSTENITIC AWALHARUS BERKANDUNGAN Si , S , DAN P RENDAH , NAMUN SEBALIKNYA HARUS MENGANDUNG Mn , Mo , DAN N YANG TINGGI.

BAHAN PADUAN Ni YANG MENGANDUNG 12% Cr HARUS BERKANDUNGAN S , P , DAN Si RENDAH.

DARI ASPEK PENGELASAN , PENANGGULANGAN DILAKUKAN DENGAN CARA MELAKSANAKAN SEMUA LANGKAH YANG MERUPAKAN KEBALIKAN DARI KONDISI YANG MENYEBABKAN RETAK PANAS  TERSEBUT .











Komentar

Postingan populer dari blog ini

STOP START - CACAT LAS PERMUKAAN

CACAT LAS EXCESSIVE REINFORCEMENT(JALUR LAS TERLALU MENONJOL) (CACAT LAS VISUAL)

SURFACE UNDERCUT - CACAT LAS PERMUKAAN