Standard penerimaan dan penolakan dalam Penetrant Test ( PT )

 

Standard penerimaan dan penolakan dalam PT biasanya disusun oleh pihak designer untuk  pekerjaan / proyek tertentu secara individual.

Biasanya standard ini didasarkan atas pengalaman yang serupa pada waktu  lampau , dengan kesamaan prinsip yakni tingkat integritas yang dipersyaratkan.

Sebagai contoh misalnya untuk suatu jenis konstruksi yang tidak kritis , kadang kadang standard penerimaan mengijinkan keberadaan indikasi / discontinuitas dengan ukuran tertentu diseluruh permukaan benda uji  atau dilokasi tertentu saja. Kerap kali inspeksi dilaksanakan hanya pada beberapa lokasi secara acak.

Sebaliknya pada kondisi konstruksi tertentu yang sangat kritis , persyaratan PT  sedemikian ketatnya sehingga standard penerimaan tergantung pada bagian bagian konstruksi secara individual .

Sebagai contoh adalah  roda turbin dibawah ini , diperiksa dengan menggunakan  PT dengan limitasi berbeda pada masing masing bagian.

CAKUPAN  PT. PADA INSPEKSI TURBINE WHEEL

Standard penerimaan dan penolakan inspeksi  PT pada turbine wheel tersebut diatas menunjukkan bahwa pembuatan standard penerimaan dan penolakan didalam inspeksi PT harus disusun secara individual berdasarkan keperluan masing masing jenis pekerjaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

STOP START - CACAT LAS PERMUKAAN

CACAT LAS EXCESSIVE REINFORCEMENT(JALUR LAS TERLALU MENONJOL) (CACAT LAS VISUAL)

SURFACE UNDERCUT - CACAT LAS PERMUKAAN