INSPEKSI VISUAL SAMBUNGAN LAS

Inspeksi visual  pada sambungan las dimaksudkan untuk menentukan tingkat mutu sambungan las sesuai dengan persyaratan spesifikasi , desain dan standard yang telah ditentukan. Inspeksi visual hanya menggunakan kekuatan dan ketajaman mata untuk mengetahui kelainan kelainan , ketidak sesuaian dan cacat cacat permukaan pada sambungan las. Oleh karena itu diperlukan persyaratan yang ketat bagi inspector visual untuk dapat melaksanakan pekerjaannya dengan professional dan benar seperti : kesehatan mata ( tidak buta warna dan tidak rabun ) , pengalaman yang luas tentang cacat permukaan las khususnya dan tehnologi las pada umumnya . Hal ini penting mengingat inspeksi visual menentukan dapat diterima atau ditolaknya suatu sambungan las secara langsung , dan menentukan juga langkah langkah tindak lanjut yang diperlukan untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang kondisi internal sambungan las tersebut , untuk kemudian mengambil langkah langkah penanggulangan yang tepat sesuai persyaratan standard yang diacu sehubungan dengan kondisi internal sambungan las yang dapat diungkapkan. Kompetensi inspector las mutlak diperlukan karena inspeksi visual biasanya tidak menggunakan peralatan NDT , semata mata hanya mengandalkan pada pengetahuan ( knowledge ) , pengetahuan praktik ( know how )  dan pengalaman ( experience ) nya tentang tehnologi las yang luas dan mendalam.
Menyusul inspeksi visual biasanya dilaksanakan pengukuran dimensi menggunakan peralatan presisi , optic maupun electronic. Jenis-jenis cacat las yang bisa diinspeksi secara visual antara lain :
SPATTERS ,  SURFACE   POROSITY , PIN HOLE , SURFACE   CRACKS  ,   SURFACE   COLD   LAP , SURFACE CONCAVITY , SURFACE  UNDERCUT , SURFACE UNDERFILL , EXCESSIVE REINFORCE
MENT ,  WIDE BEAD , S TOP START ,  HIGH LOW

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STOP START - CACAT LAS PERMUKAAN

CACAT LAS EXCESSIVE REINFORCEMENT(JALUR LAS TERLALU MENONJOL) (CACAT LAS VISUAL)

SURFACE UNDERCUT - CACAT LAS PERMUKAAN