UJI RADIOGRAFI ( RT ) terhadap Hasil Las


DESKRIPSI UMUM
Radiografi adalah salah satu uji tanpa merusak yang menggunakan sinar x atau sinar  g yang mampu menembus hampir semua logam kecuali timbal  sehingga dapat digunakan untuk mengungkap cacat atau ketidak sesuaian dibalik dinding metal atau didalam bahan metal itu sendiri.
Didalam pengelasan , radiografi merupakan faktor penting  untuk menentukan mutu internalnya secara cepat sebelum melangkah kejenis uji mutu lainnya seperti uji merusak , uji etsa , uji kekerasam dan uji tanpa merusak lainnya jika ditentukan.
Disamping kelebihan uji radiografi , terdapat pula kerugian penggunaannya  , yakni radiasi dari sinar x atau g yang berbahaya bagi kesehatan manusia , yang jika melebihi batas ambang yang diijinkan dapat merusak kesehatan hingga mematikan.
Oleh karenanya  didalam radiograhi diberikan peralatan perlindungan radiasi dan ijin khusus baik dalam penggunaan maupun pengangkutannya ( khususnya gammagrafi ).
Sinar x berasal dari arus listrik bertegangan sangat tinggi dari 100 hingga 500 kVolt peak . Karenanya sinar x dapat dikendalikan dengan mengatur besar kecilnya arus , demikian juga dengan pengarahannya sangat terfokus sehingga radiasinya tidak menyebar kemana mana . Sebaliknya sinar gamma yang berasal dari zat radio aktif seperti Iridium  192 yang disebut isotop , sinar radiasinya menyebar kesegala arah sebagaimana sinar matahari , sehingga untuk dapat memfokuskannya harus dimasukkan kedalam kemasan khusus yang terbuat dari timbal yang lazim  disebut kamera dengan bukaan tertentu. Dari bukaan inilan seberkas sinar radioaktif g terpancar dan dimanfaatkan .  Para pelaksana radiografi dilengkapi dengan peralatan penyelamat seperti survey monitor yang mengukur tingkat radiasi yang terpancar dari sumber penyinaran  yang kekuatannya merupakan fungsi jarak dan energinya. Dengan demikian dapat ditentukan daerah yang aman bagi para pelaksana radiografi dan sekaligus memagarinya untuk peringatan bagi orang yang berlalu lalang disekitar kegiatan radiografi. Para pelaksana juga dilengkapi dengan pena dosimeter yang merekam jumlah radiasi yang diserap oleh seseorang , dan juga film badge yang berfungsi sama dengan pena dosimeter tersebut.

CAKUPAN
Diluar kegiatan medical , penggunaan teknik radiografi adalah  untuk mendeteksi cacat cacat konstruksi  dan material akibat bawaan dari mill , pengaruh pekerjaan las,  serta akibat dari pengoperasian peralatan. Didalam dunia irigasi , teknik radiasi digunakan untuk menguji kekedapan suatu bendungan . Didalam dunia industri pengolahan , teknik radiografi digunakan untuk : inspeksi on stream      ( sewaktu peralatan dioperasikan ) , teknik pengukuran level suatu materi padat / slurry didalam bejana pemroses , pengukuran ketebalan , dan pengawetan bahan makanan. Masih banyak lagi kegunaan teknik radiasi yang tidak akan dibahas disini.
Khususnya didunia pengelasan , teknik radiasi sangat dominan dalam menentukan mutu suatu sambungan las , sekaligus menentukan batasan penerimaan dan penolakannya.  Radiografi juga menentukan dalam menilai tingkat kemampuan / kinerja seseorang  juru las sehingga merupakan faktor kunci dalam kualifikasi prosedur las dan kinerja juru / operator las.
Namun demikian bukan berarti radiografi merupakan teknologi yang super dan tidak ada cacat , terdapat beberapa kelemahan yang cukup menyulitkan pihak inspektor dalam mendeteksi keberadaan cacat seperti incomplete fusion ( fusi tidak sempurna ) , cold lap ( lapis dingin ) , serta underbead crack ( retak bawah kampuh ). Ketiga cacat ini sulit dideteksi oleh radiografi karena posisinya .
Didalam praktek , terdapat beberapa hal yang menimbulkan keraguan interpretasi film radiografi yang diakibatkan oleh : ( 1 )  lead screen yang tergores atau cacat , ( 2 ) terdapat kotoran atau rambut diantara film dan lead screen ,  ( 3 ) kondisi cairan kimia pencuci film yang telah kotor , dan film radiografi yang cacat atau tergores. Keempat jenis non konformasi tersebut dapat menimbulkan imagi palsu pada film radiografi sehingga meragukan pihak radiografer untuk menginterpretasikannya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

STOP START - CACAT LAS PERMUKAAN

CACAT LAS EXCESSIVE REINFORCEMENT(JALUR LAS TERLALU MENONJOL) (CACAT LAS VISUAL)

SURFACE UNDERCUT - CACAT LAS PERMUKAAN