LAS ARGON ( GTAW / GAS TUNGSTEN ARC WELDING )
MASALAH YANG
MUNGKIN TERJADI
(1)
Inklusi
tungsten mungkin terjadi apabila ujung
elektroda tercelup kedalam kolam las.
(2)
Kontaminasi
bahan las dapat terjadi apabila gas lindung kurang atau tidak berfungsi.
(3)
Kelonggaran
kontaminasi pada bahan las maupun bahan induk , rendah.
(4) Apabila
air pendingin bocor dan masuk pada obor , kemungkinan akan terjadi porositas (
keropos ) atau keracunan.
(5) Kemungkinan
terjadi busur tembus ( arc blow ) atau
busur liar ( arc deflection ) sebagaimana terjadi pula pada jenis las
lainnya.
Secara
umum dapat dikatakan bahwa arus pengelasan menentukan penetrasi las karena berbanding langsung , atau paling tidak secara exponensial. Arus
busur juga mempengaruhi tegangan . Jika voltasenya tetap maka jika arus naik
maka panjang busur juga bertambah.
Karenanya untuk mempertahankan panjang busur pada kepanjangan tertentu , perlu untuk merubah penyetelan tegangan manakala arus distel.
GTAW dapat menggunakan arus searah maupun arus bolak balik . Pemilihan arus tergantung pada jenis bahan yang akan dilas. Arus searah dengan elektroda pada bagian negatif dapat menghasilkan penetrasi yang cukup dalam dan kecepatan las yang lebih tinggi , terutama apabila gas lindungnya adalah helium. Arus bolak balik memungkinkan pembersihan cathodik ( sputtering ) yang membuang oksida dari sambungan las aluminium dan magnesium sehingga dapat menghasilkan sambungan las dengan mutu tinggi. Untuk keperluan ini gas lindung yang digunakan adalah argon , alasannya adalah karena helium tidak dapat menghasilkan sputtering.
COLLET
Segala
ukuran diameter elektroda dapat dipegang oleh piranti pemegang elektroda (
electrode holder ) yang disebut coolet
atau chuck. Piranti ini terbuat dari paduan tembaga . Coolet ini akan
menggenggam erat elektroda saat penutup obor diikat erat. Hubungan baik
antara elektroda dengan bagian dalam
diameter collet penting untuk penyaluran arus las dan pendinginan elektroda.
SKEMA BAHAN , ELEKTRODA DAN GAS LINDUNG T.I.G
ARUS
DAN UKURAN ELEKTRODA
DIAMETER
KAWAT LAS DAN ARUS
Komentar
Posting Komentar